Skip to content

Pembelajaran Berbasis Aktifitas

September 3, 2008

Aktifitas dapat didefinisikan sebagai suatu situasi terjadinya sesuatu atau banyak hal dapat dikerjakan. Pembelajaran matematika yang aktif di ruang kelas dapat dipahami sebagai “melibatkan siswa melakukan sesuatu secara aktif berkaitan dengan apa yang ingin dicapai dalam pelajaran itu”.

Aktifitas yang dilakukan dalam matematika antara lain: berhitung, bermain, menggambar, menjelaskan, mengukur, mendesain, menempatkan obyek dll. aktifitas tersebut saya yakini mempunyai beberapa manfaat:

1. Mengubah perilaku siswa (attitude) dari negatif menjadi positif

2. Membantu siswa lebih memahami, pasti suatu saat ketrampilan matematis ilmunya akan berguna bagi masa depannya.

3. Memberi siswa pengalaman belajar yang menyenangkan.

4. Memperpanjang waktu tinggal suatu hal di memorinya

5. Memperbaiki hasil (Ujian Nasional)

2 Komentar leave one →
  1. Nandhi Roro G permalink
    Januari 5, 2013 7:33 am

    Assalamualaikum,saya minta tolong,teori yang menjelaskan kaitan pembelajaran berbasis aktivitas kritis dengan prestasi belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: