Skip to content

Liburan lebaran lembur berlembar-lembar

September 24, 2008

Apa kabar? Sudah mulai liburan maka perasaan senang datang. But, ternyata itu tidak berlangsung lama, rasa bosan segera menyerang. Sayatidak mengatakan ini berlaku bagi semua siswa saya, tetapi mungkin hanya sebagian kecil saja. Sekolah memang kadang dijadikan beban. Bagi siapa? tentu bagi yang tidak bisa menikmati masa-masa sekolah.Yang sekolah karena ikut-ikutan trend atau permintaan orang tua, bukan karena kebutuhan hidupnya sebagai manusia untuk belajar, mengasah potensi pikir dan zikir yang dikaruniakan Allah azza wa jalla.

Di sisi lain sekolah adalah sebuah masa yang indah. Bagi siapa? Bagi mereka yang benar-benar memperoleh rasa gembira-seberkas cahaya terang yang membuka sisi gelap hati-dan petualangan-sebuah momen yang bisa menaikkan kadar adrenalin baik itu saat pagi-pagi harus berlarian mengumpul PR karena ada deadline, saat tegang menghadapi ulangan yang tidak bisa ditebak nanti yang bakal keluar gampang atau susah, saat harus maju mempresentasikan tulisan, saat harus menjawab berondongan pertanyaan dari teman-teman sendiri, ataupun saat harus tegas memberi teguran karena ada pelanggaran teman akrab sendiri, juga kebersamaan dalam tim kepanitiaan atauperwakilan sekolah.

Lalu mesti bagaimana nih, mengatasi boring?

Sekedar saran, kalau You sudah kelas 9 segera back to basic, kembali ke pangkalanmu, meja belajar di rumah. Tata pangkalanmu sebaik mungkin untuk persiapan menghadapi UAN nanti. Ada pepatah “lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada bersimbahdarah dalam pertempuran”. base camp kamu meja belajar kamu mesti dibuat supaya kamu bisa betah berlama-lama di situ dan mendukung kamu belajar. Kalau kamu lebih tertarik sama acara TV, kasih sesuatu di base camp kamu yang lebih menarik daripada acara tv seperti foto kesuksesan kamu dan sebuah pesan misal: acara hari ini adalah mendapat 100000 dollar dari kuis UAN. Kamu bisa buat simulasi misal satu soal matematika UAN yang bisa kamu kerjakan bernilai 10000 dollar ( ini cuma umpama/ contoh, kamu bisa buat yang lainnya). Hiburan sah-sah aja yang penting tidak melalaikankamu dari prioritas utamamu/kebutuhan kamu.

next tip nyusul yah…..selamat liburan

2 Komentar leave one →
  1. Izza permalink
    September 28, 2008 1:24 am

    Pak, udah kirim e-mail ke panitia lomba weblog seamolec ta?
    salah satu sistim penilaiannya adalah peserta mengirimkan alamat weblog sekolah ke panitia melalui e-mail di lombablog@semolec.org

  2. Oktober 19, 2008 2:46 pm

    Pak, kok nggak ada postingan yang baru? tak tunggu, lho Pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: